DESAIN KURIKULUM
BAHASA ARAB UNTUK BISNIS
1. Menentukan Peserta
Peserta adalah manajer, negosiator dan karyawan.
2. Merumuskan Tujuan
Adapun tujuan kompetensi atau indikator adalah sebagai
berikut:
a. Peserta dapat mengetahui dan menguasai mufrodat sebanyak 25 setiap kali pertemuan serta mampu
mengaplikasikannya dalam percakapan. (25 mufrodat x 24
pertemuan = 600 mufrodat dalam kurun waktu 3 bulan).
b. Peserta dapat memahami tarkib sederhana terkait dengan bisnis
impor dalam Jumlah Fi’liyah dan Ismiyah.
3. Mengembangkan Materi
a. Kosakata tentang perdagangan
b. Kosakata tentang jabatan di perusahaan
c. Kosakata tentang pajak
d. Perkenalan sebelum memulai perdagangan
e. Perjanjian/ Kontrak Bisnis
·
Percakapan tentang masa berlakunya sebuah
perjanjian
·
Percakapan tentang target penjualan barang
·
Percakapan tentang benefit/
keuntungan yang diperoleh oleh seorang importir
·
Percakapan bagaimana jika terjadi pemutusan
kontrak
·
Cara menulis isi kontrak yang baik dan
benar.
f. Bernegosiasi dalam Perdagangan (dalam percakapan)
·
Menanyakan harga barang
·
Menanyakan jenis barang
·
Menanyakan kualitas barang
·
Menanyakan kegunaan barang
·
Menawar harga barang beserta dengan pajaknya
·
Meminta Discount
·
Meminta tempo pembayaran
·
Menawar jumlah target penjualan
·
Menyepakati harga
g. Pengiriman barang
·
Percakapan bagaimana cara pengiriman barang
melalui darat, udara atau laut.
·
Percakapan saat barang sudah sampai pada
importir baik melalui email atau via telepon
h. Transaksi Internasional
·
Mengetahui mata uang asing
·
Menanyakan cara pembayaran transaksi
·
Percakapan pembayaran tunai
·
Percakapan pembayaran melalui
rekening
4. Merumuskan Strategi Pembelajaran, Media dan Jam Pertemuan
a. Strategi
1- Role playing (bermain
peran)
Adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran
melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi
dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau
benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu
bergantung pada apa yang diperankan.
2- Metode Ceramah
Merupakan salah satu metode yang digunakan untuk
menyampaikan informasi atau materi pelajaran kepada siswa dalam kegiatan
pembelajaran. Metode ceramah ini dapat diartikan sebagai cara menyajikan
pelajaran melalui penuturan lisan atau penjelasan langsung kepada sekelompok
siswa.
3- Metode Tanya Jawab
Adalah suatu cara untuk menyajikan bahan pelajaran
dalam bentuk pertanyaan dari guru yang harus dijawab oleh siswa atau sebaliknya
baik secara lisan maupun tulisan. Pertanyaan yang diajukan mengenai isi
pelajaran yang sedang diajarkan guru atau pertanyaan yang lebih luas. Melalui
tanya jawab ini dapat memperluas dan memperdalam penguasaan pelajaran.
b. Media
1- Modul
2- Kamus
3- Buku panduan bisnis
4- LCD proyektor
5- Slide presentasi
c. Alokasi Waktu
ü
Pembelajaran ini dilaksanakan
selama 8 kali pertemuan dalam sebulan.
ü
Pembelajaran dialokasikan hanya 3
bulan (short course).
ü
Satu kali pertemuan 2x45 menit =
90 menit
1.
Perjanjian/ kontrak bisnis :
3x pertemuan
2.
Bernegosiasi dalam perdagangan : 3x pertemuan
3.
Transaksi internasional : 2x pertemuan
5.
Merumuskan Evaluasi
a.
Program
Evaluasi
program yang dilakukan adalah dengan cara observasi yaitu dengan cara mengamati
output dari pelaksanaan proses pembelajaran sebelum siswa benar-benar terjun ke
lapangan. Jika mereka mampu berbahasa arab dengan baik dan benar pada saat
pembelajaran tersebut maka program ini
dikatakan baik atau berhasil.
b.
Pengajar
Evaluasi
pengajar (guru) dapat dilihat dari hasil nilai para siswa yang dilakukan dengan
cara tes atau nontes, jika hasil nilai siswa baik maka guru bisa dikatakan
berhasil dalam mengajarkan bahasa arab pada program ini. Begitupun sebaliknya,
jika nilai siswa kurang memenuhi, maka dapat dikatakan bahwa guru tersebut
belum berhasil.
c.
Siswa
Evaluasi
siswa dalam bisnis adalah menggunakan tes dan non tes
1.
Evaluasi tes
Berupa
tes lisan atau hiwar dan tes tulis. Tes dilaksanakan pada saat proses
pembelajaran dan diakhir pembelajaran
2.
Evaluasi non tes
Adapun
evaluasi non tes berupa observasi atau pengamatan selama pembelajaran
berlangsung. Guru mengamati kemampuan dan keaktifan siswa.
d.
Pembelajaran
Evaluasi
pembelajaran bahasa arab pada program ini dilakukan dengan menggunakan evaluasi
formatif dan sumatif yaitu evaluasi yang dilakukan pada saat pembelajaran
berlangsung yaitu dengan melihat keaktifan dan keantusiasan siswa dalam
mengikuti pelajaran. Dan evaluasi sumatif yaitu evaluasi yang dilakukan pada saat
akhir pembelajaran yaitu dengan cara memberikan tes lisan kepada masing-masing
siswa.
Categories: pendidikan, tujuan khusus
0 komentar:
Posting Komentar